AGAR KOMPUTER ANDA TIDAK TERSERANG VIRUS



Komputer kita kena virus? Ada beberapa cara virus dapat masuk ke komputer kita. Berikut ini tips dan trik untuk mencegah virus masuk ke dalam komputer kita.

1. Usahakan untuk mencari tahu tentang jenis virus yang masuk ke dalam komputer anda, kemudian cari removal tools dengan cara men-download pada situs – situs penyedia layanan anti virus. Apabila anda tidak menemukan program anti virus nya, mulailah melakukan backup file – file penting anda ke disket atau ke media lainnya, kemudian langkah terakhir adalah dengan mem-format ulang hard-disk anda dan meng-install ulang system operasi nya kembali.

2. Virus komputer dulu banyak disebarkan melalui disket, tetapi sekarang ini penyebaran virus komputer banyak sekali melalui media email. Oleh karena itu, hindari membuka email yang ber-attachment apabila alamat si pengirim tersebut tidak anda kenal.

3. Usahakan meng-install program aplikasi dari CD yang original, karena sudah pasti mendapatkan jaminan keaslian program dari vendor-nya dan sudah pasti bebas dari penularan virus.

4. Hindari men-download program dari situs hacker, walaupun penyedia situs tersebut menawarkan solusi kepemilikkan program secara gratis berikut dengan serial number-nya. Karena ketika anda menjalankan program tersebut, mungkin saja tersusupi virus yang telah sengaja ditularkan pada program yang anda download tadi.

5. Berhati – hatilah juga apabila anda menggunakan Program Kazaa, karena program ini sangat memungkinkan untuk penularan virus. Banyak sekali virus yang beredar melalui Peer to Peer program.

6. Gunakan program anti virus yang residen di komputer anda untuk mendeteksi dan memonitor jika terdapat sesuatu yang mencurigakan.

7. Selalu meng-update program anti virus anda dengan update yang terbaru.

8. Perhatikan jika terjadi sesuatu yang janggal atau yang tidak biasa pada komputer anda, seperti terjadi penulisan ataupun pembacaan pada hard-disk yang tidak biasanya. Anda juga bisa memperhatikan jika tiba – tiba komputer anda menjadi lebih lambat ketika menjalankan suatu aplikasi, karena hal ini biasanya diakibatkan oleh program virus yang ikut dijalankan.

9. Perhatikan ukuran dari File Executable anda. Jika ukurannya bertambah besar, maka dapat dipastikan komputer anda telah terserang virus komputer.

0 komentar:

Posting Komentar