MENGATASI VIRUS ULANG TAHUN


 virus ini bekerja dengan menjalankan file reboot.exe yg diletakkan di startup menu (Start-->programs-->startup). Yang dilakukan file reboot.exe ini adalah merubah file autoexec.bat dengan menambahkan kalimat-2 dari si pembuat, serta perintah untuk menghapus semua file dan direktory di c:windows dan c:program files

Cara membersihkan virus ini bisa dilakukan dengan:

   1. booting dengan disket startup
   2. Pada c prompt di MS Dos, ketik "edit autoexec.bat"
   3. Hapus semua baris yg bertuliskan "echo off" dan yg bertuliskan "deltree"
   4. Lakukan restart
   5. Pada windows, cari file reboot.exe, kemudian dihapus

Virus ulang tahun ini menjangkiti Panwaslu Sulteng, Sabtu (05/0/2004). Selain Kantor Panwaslu, virus itu juga menjangkiti beberapa komputer di lokasi lain di Kota Palu. Tercatat, dua komputer di kantor surat kabar mingguan "Akherat", sebuah komputer di warung internet (warnet) CentralNet Jl. S. Parman, Kota Palu dan sebuah komputer di kediaman seorang pengguna bernama Amron Amir.

Virus tersebut muncul pada saat proses booting. Layar menjadi hitam dan hanya menampilkan teks pesan. Teks itu nampak sebagai ungkapan kekesalan hati atau dendam si pembuat virus.

Selain itu, pesan yang muncul juga mengindikasikan virus itu akan aktif pada hari ulang tahun pembuatnya. Virus tersebut mulai terdeteksi kemarin, Jumat (04/06/2004), pukul 10.00 waktu setempat.

Dalam aksinya, virus ini menghapus semua file sistem pada Drive utama (umumnya C). Akibatnya, komputer tidak bisa digunakan lagi. Satu-satunya cara adalah melakukan format dan instalasi ulang pada drive tersebut.

Masih belum ada indikasi dari mana virus ini berasal dan bagaimana penyebarannya. Virus itu memampangkan pesan sebagai berikut:

Pesan ini ditujukan kepada mereka yang tak percaya akan kemampuanku. Aku tahu aku adalah orang yang sangat bodoh, tapi apakah orang bodoh tak punya impian...??

Hanya dengan dalih ketidakpercayaan, kalian telah hancurkan impian putihku. Tak apa... !! Karena kini impian-impian ku itu telah berubah menjadi sebuah impian hitam..!! Ingin kubuktikan akan apa yang kalian tuduhkan kepadaku menyusul...!! Hari ini adalah hari ulang tahunku yang ke-21 aku punya kado manis untukmu!! Semoga dengan kado ini kamu dapat nikmati....!! Kepada Bapak Syamsul dan Ibu Heni, "terima kasih kalian tlah tanamkan impian hitam di hati ini."

0 komentar:

Posting Komentar