MENGGANTI DRIVE LETTER PARTISI HARDISK ANDA

Jika Anda memiliki beberapa harddisk dan masing-masing memiliki beberapa partisi terkadang Windows tidak mengurutkan drive letter-nya berdasarkan partisi keseluruhan satu harddisk lalu harddisk berikutnya, atau jika pada awalnya berurutan maka setelah Anda menginstal ulang Windows maka urutannya tidak seperti semula padahal Anda sudah terbiasa urutan partisi yang sebelumnya.

Jika Anda ingin merubah urutan partisi drive sesuai dengan keinginan Anda maka lakukan langkah-langkah berikut:

   1. Buka Windows Explorer, klik kanan pada ikon [My Computer], pilih [Manage].


   2. Klik [Disk Management] yang ada pada tree [Storage].


   3. Klik kanan pada partisi yang akan anda ganti drive letter-nya kemudian pilih [Change Drive Letter and Paths…].


Cara ini hanya bisa dilakukan pada sistem operasi Windows XP dan 2000, jika Anda ingin melakukannya pada Windows 9x dan ME maka Anda membutuhkan utiliti untuk partisi semacam Partition Magic. Jika Anda menggunakannya, Anda bisa mulai Partition Magic kemudian pada partisi yang anda akan ganti drive letter-nya klik kanan pilih [Advanced] dan pilih [Change Drive Letter]. Cara yang terakhir ini juga dapat digunakan pada semua versi Windows. Kekurangannya adalah prosesnya membutuhkan restart karena sebenarnya Partition Magic merubah drive letter ini dalam mode DOS.

Sedikit tips, jika Anda ingin merubah suatu drive letter suatu partisi menjadi drive letter yang sudah digunakan oleh partisi yang lain coba ganti dahulu drive letter partisi yang akan digunakan tersebut menjadi drive letter yang lain setelah itu baru gunakan drive letter tersebut pada partisi yang Anda inginkan.

Contoh: Anda ingin merubah drive letter partisi F: menjadi D: tapi pastinya drive letter D: sudah digunakan oleh partisi yang lain, nah agar drive letter D: bisa digunakan maka ubah dahulu partisi yang memiliki drive letter D: menjadi drive letter yang lain misal X: , setelah itu baru Anda ganti drive letter partisi F: menjadi D:

Catatan: Untuk cara pertama di atas Anda juga bisa merubah drive letter pada removeable device semacam CD-ROM, CD-Writer, DVD-ROM, dan lain lain dengan cara mengklik ikon drive tersebut. Tapi jika Anda menggunakan utiliti untuk partisi semacam Partition Magic Anda tidak bisa mengubahnya seperti cara pertama di atas.

0 komentar:

Posting Komentar