Carrot Cake, Where's The Carrot?

Makanan yang mempunyai nama asli “chye tow kway” ini berasal dari Tiochiu di Chaoshan, Cina, dan kini banyak ditemukan di Malaysia dan Singapura. Di Asia tenggara, makanan ini disebut Fried Carrot Cake, atau bisa juga disingkat menjadi Carrot Cake saja.

Mungkin, bagi kita istilah ‘carrot cake’ agak membingungkan karena makanan ini sama sekali tidak terbuat dari wortel dan tidak berbentuk cake. Bahan dasar carrot cake adalah lobak, yang di Singapura dikenal sebagai wortel putih. Istilah cake digunakan mungkin karena makanan ini tidak disajikan bersama nasi, sehingga tidak bisa dibilang lauk.

Carrot cake dibuat dengan mencincang lobak, mencampurnya dengan tepung beras dan air, lalu dikukus. Kemudian, digoreng dengan telur yang telah dicampur dengan diced-garlic. Kadang-kadang, bisa juga ditambah udang kering. Jika suka pedas, bisa ditambah cabai. Carrot cake disajikan dengan taburan potongan daun bawang di atasnya.

Dahulu, makanan ini biasa disajikan saat sarapan. Namun sekarang, carrot cake bisa dinikmati kapan saja. Hidangan ini cukup mengenyangkan.

Di Singapura, terdapat dua macam fried carrot cake, yaitu yang hitam dan putih. Carrot cake hitam digoreng dengan kecap manis sehingga terasa gurih dan manis Sementara carrot cake putih digoreng biasa, terasa asin, dan aroma lobaknya lebih kuat.
Penjual carrot cake yang bagus bisa dilihat dari hasil gorengan telurnya yang tidak gosong. Selain itu, koki yang baik bisa membuat kita tertarik bahkan dari aromanya saja.

Dilihat dari bahan-bahannya, makanan ini cenderung HALAL. Namun, makanan ini mungkin saja dimasak dengan minyak babi sehingga akan lebih baik jika Anda (baca: muslim) berhati-hati.

Beberapa tempat terkenal yang menyediakan Carrot Cake antara lain:
4 Xing Fu Cooked Food
02-026 Chinatown complex, block 335 Smith Street
Van Seng Cooked Food
01-389 Tekka Market, Block 665 Buffalo Road
Amoy Street Fried Oyster
#01-1016B People’s Park Cooked Food Centre, 32, New Market Road
Delicious Fried Carrot Cake
#01-33 Redhill Market, Blk 85 Redhill Lane

0 komentar:

Posting Komentar