Minuman-Minuman Hangat Khas Indonesia

Indonesia kaya akan minuman-minuman segar dan dingin seperti es cendol dan es teler. Ya, karena Indonesia adalah negara tropis. Tapi negeri ini juga punya minuman-minuman hangat, yang amat pas dinikmati saat musim penghujan.
Banyak orang yang mungkin pernah mendengar bahkan menikmati wedang jahe, sekoteng, wedang ronde, bandrek, atau bajigur. Namun, masih banyak juga yang bingung membedakan minuman yang satu dengan yang lain.
Kita lihat yuk, sebenarnya apa sih, isi minuman-minuman itu?

Wedang Jahe

Sesuai namanya, bahan utama minuman ini adalah jahe. Jahe tidak hanya menghangatkan badan, tapi juga bisa menambah stamina. Selain jahe, bahan-bahan yang digunakan adalah gula merah, gula pasir, kapulaga, cengkih, serai, dan merica hitam. Agar lebih wangi, daun pandan juga dimasukkan.

Sekoteng

Sekoteng berasal dari Jawa Tengah. Sekoteng memiliki dua versi: yang dingin dan hangat. Di dalam sekoteng ada kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Sekoteng dijual oleh pedagang keliling yang menggunakan gerobak. Pada satu sisi gerobak terdapat panci berisi air jahe dengan kompor di bawahnya. Sementara itu, di sisi lain terdapat tempat untuk menyimpan bahan-bahan campuran sekaligus tempat menyiapkan sekoteng.

Bandrek
Bandrek, yang banyak dipercaya dapat meredakan sakit tenggorokan ini, berasal dari Jawa Barat. Minuman ini mirip dengan wedang jahe, karena bahan utamanya adalah jahe dan gula merah. Bandrek juga terkadang ditambah rempah-rempah lain seperti serai, merica, dan daun pandan. Saat penyajian, bandrek bisa dicampur dengan telur ayam kampung dan susu sesuai selera.

Bandrek & Bajigur
Bajigur
Seperti bandrek, bajigur juga berasal dari tanah Sunda. Bajigur terbuat dari kopi, gula aren, dan santan. Agar lebih enak, ditambahkan pula sedikit garam dan bubuk vanili. Ada beberapa makanan yang sering disajikan bersama bajigur, antara lain pisang rebus, ubi rebus, dan kacang rebus. Semuanya disuguhkan hangat, dan paling nikmat dikonsumsi saat udara dingin dan cuaca basah sehabis hujan.

Wedang Dongo/Wedang Ronde

Minuman yang satu ini berasal dari Jawa Tengah. Isinya adalah air jahe dengan bulatan warna-warni sebesar kelereng yang terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang tumbuk. Wedang dongo disajikan dengan irisan kolang-kaling.
Itulah beberapa minuman hangat khas Indonesia. Ada yang mau menambahkan? :)
kalau ada saya persilahkan untuk pengunjung blog saya

0 komentar:

Posting Komentar